Wednesday, June 25, 2014

Membuat Maids Headdress Untuk Cosplay---How to Make Maids Headdress for Cosplay


Setiap orang yang hobby sama kebudayaan pop jepang atau J-pop culture pasti tertarik dengan yang namanya cosplay, termasuk juga dengan gue. dengan budget yang nggak lebih dari 200ribu gue nekat sama eduth-chan untuk bikin Maid Dress yang akan dipampangka...tunggu, ada bahasa yang lebih enak nggak selain kata dipampangkan? oke, yang akan dipakai buat acara J-fest tahunan SMA gue ( SMA N 5 Surakarta) Disini gue lumayan berjuang keras, mulai dari hunting kain, cari penjahit yang bagus tapi murah, cari sepatu yang pas, belajar dandan, kenalan sama sopir angkot, ngecengin tukang jualan siomay, makan empat kali sehari supaya nggak stress, nyolong jemuran tetangg.... anu, gimana kalau langsung di skip ke bagian bikin headdressnya aja? setuju? oke.

NAAAAAAH!!!! masalah seakan-akan udah kelar ketika maid dressnya udah jadi, sampai pada satu waktu Eduth-chan SMS gue, begini ketikannya :

Eduth-chan : "Opie-chan, kok kita jadi suwung gitu ya kalau nggak pake hiasan kepala? :o"

Coba bayangin gimana perasaan lo setelah baca SMS tersebut diatas kalau lo jadi gue, bayangin...
oh, biasa aja ya? yaudaaaaah.  

dengan otak gue yang cuma jalan di bagian kanannya aja, gue berusaha berpikir dan menelaah SMS dari Eduth-chan. dan akhirnya gue punya ide untuk bikin headdress sendiri, begini caranya :
 


(Before I start it, I will tell you that I will explain you with two language, first Bahasa Indonesia, and then english, even my english isn't really good, but yeah.. let's just start it before I lost my good mood :D)

Stuff You need :

(1) Glue Gun (2) Benang (3) Jarum (4) Gunting

(5) Bando, lebih baik bando yang nggak bergerigi 
 

(6) 1 meter renda yang biasa buat mukena
                           
(7) hiasan-hiasan unyu sesuai selera

Steps :


1. Lipat renda seperti gambar yang ada di bawah, lalu tahan dengan jarum agar ukuran lipatannya tidak berubah 
 
Fold the lace, then hold the fold with some needles like this
2. Jahit renda tersebut dan berikan spasi agar terbentuk lubang/saluran. 
Sew it to make an access for the bando,
errr, I don't even know the right english world for BANDO!
and it will be like this, sorry gue pake benang yang beda warna :p


and it's the hole/access I meant before
Do you get exactly what I mean? Please ask me if you don't :)
3. Masukkan Bando pada saluran yang telah kita buat dari ujung yang kita inginkan 

Don't stop adding it, okay?

Do you get this condition?



If yes, you can stop it right now.

4. Terakhir, hiasi headdres dengan hiasan yang kalian suka. Finally, put your favorite decoration on it and stuck it together with hot glue gun.




No comments:

Post a Comment