Sunday, October 21, 2012

Apalah Arti Sebuah Nama ?

"What's in a name?"---"Apalah arti sebuah nama?" Adalah quote mendunia dari Pak William Shakespeare yang pasti sudah diketahui oleh berbagai macam kalangan. quote ini sendiri, ditulis oleh Shakespeare dalam dialog antara Romeo dan Juliette dalam rangka membahas masalah percintaan mereka yang gundah gulana penuh kegalauan karena tak direstui pipih dan mimih masing-masing karena latar belakang keluarga mereka yang bermusuhan. begini bunyi dialog lengkap mbak Juliette pada Kang Romeo 

 "What's in a name? Which we call a rose by any other name would smell as sweet"----"Apalah arti sebuah nama? Meskipun kita menyebut mawar dengan nama lain, baunya juga akan tetap harum"

yang kurang lebih maksudnya menurut otak-tuna-grahita-ringan saya adalah  : "Buat apa nama orang bagus-bagus kalo perilakunya bangke? Buat apa nama kita Melati kalo perilaku kita Rafflesia Arnoldy? " 

Saya sih merasa cocok banget sama quote yang satu ini. maklum saja, nama saya kan Opie Meilana. Nama yang kelewat simpel sampai-sampai abang tukang bakso langganan saya saja dapat memanggil nama ini dengan komplit sekomplit semangkuk bakso yang dijualnya. Selain simpel, nama ini juga terkesan tidak bermakna, tidak bermaksud dan tidak terkonsep. Nama yang kalau dicari di buku  "1001 Nama Bayi" pasti tidak bakal ketemu artinya. Pada awal masa per-Sekolahan Dasar saya dimulai, saya sempat dibuat iri dengan teman-teman yang namanya begitu indah,panjang dan bermakna."kereeeeeen" itulah yang terpikir dibenak saya ketika itu. Nama saya yang seumprit seperti nasi yang nempel di kumis Pak RT ini agaknya tidak sebanding dengan semua nama-nama teman-teman saya yang keren dan memukau itu. saya merasa galau,risau,dan minder dengan nama yang saya sandang ini. Lalu saya berlari kearah Bapak "Pak! ganti nama saya jadi Stephany,Pak!" Kata saya menggebu-gebu. Tapi tak ada jawaban yang berarti dari beliau. Lalu saya lari pada Ibu "Ibuuk, ganti nama saya jadi Sandra,buuk!" Beliau pun tak menggubris juga. Bahkan saya sempat berpikir bahwa saya ini anak pungut lalu diberi nama "sekenanya" oleh mereka. namun, setelah saya tanyakan ternyata nama ini punya arti juga! simak saya baik-baik. begini penjelasannya


  • OPIE : Saya diberi nama ini karena nama kakak saya Ommy, harapannya agar kami kompak seperti nama kami berdua (yang ini perlu dipertanyakan lagi) Selain itu nama ini begitu sederhana, harapannya agar saya juga bisa menjadi orang yang simpel, sesimpel kata Opie. Harapan lainnya adalah agar semua orang mudah mengenal saya dan selalu mengingat saya karena kesederhanaan nama ini
  • MEI : Perlukah saya jelaskan yang satu ini? saya pikir tidak.
  • LANA : Diambil dari nama Lana Lang yang merupakan pacar dari tokoh komik  "Superboy" yang booming ketika orang tua saya masih muda dulu. harapannya sih supaya saya bisa cantik secantik mbak Lana Lang ini,heheu


Nah. akhirnya saya lega, walaupun kalau saya jelaskan maknanya pasti ada saja orang yang menertawakan filosofi nama keramat saya ini, setidaknya nama saya punya makna dan juga harapan didalamnya. Percayalah, tidak ada orang tua yang jahat dan semena-mena memberi nama pada anaknya. Didalamnya pasti selalu ada doa meski nama kalian Tukimin sekalipun. Balik lagi "apalah arti sebuah nama?" dalam hidup,manners lebih penting daripada sekedar nama yang panjang dan mentereng.Banyak orang dengan nama bagus yang tak seiring jalan dengan perilakunya yang "semestinya" juga bagus . Di lain hal, memberi nama pada anak dengan digit huruf yang terlalu banyak hanya akan membebani anak ketika ujian spelling dalam pelajaran bahasa inggris dan akan menyusahkan mereka ketika harus membulati lembar jawab ketika ujian nasional. Dan. itu tidak terjadi kepada saya yang berjudul Opie Meilana ini *evil laugh*. Tapi untuk teman-teman yang sudah berkeluarga dan menginginkan nama bayi dengan sarat makna, saya sarankan kunjungi situs ini : klik! lumayan, banyak nama bule disini. tapi sekali lagi, What's in a name? xoxo

 Sumber Referensi : wikipedia,yahoo answer,KBBI

3 comments:

  1. sejak kpan lw punya blog? kpan ye gw punya niat bwt blog gw sendiri -,-

    ReplyDelete
  2. gue ud punya dari SMA. dn br excitedny skg. bikin dong,mi :3

    ReplyDelete
  3. Ibukmu memiliki imajinasi yang tinggi tentang mbak Lana Lang =.=

    ReplyDelete